Berat 1,132 Ton, Sapi Saiful Fuad Juarai Kontes dan Ekspo Ternak

Sapi sang juara dipamerkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo.

PUSPA AGRO>> Raut muka Saiful Fuad berbinar begitu namanya disebut dan sapinya dinyatakan sebagai juara I untuk kelas extreme. Sapi  berbobot 1,132 ton ton itu berhasil menyisihkan lawan-lawannya dalam Kontes Ternak dan Expo Peternakan 2019 yang digelar di area Puspa Agro, Selasa-Rabu (6-7/8/2019).

Atas keberhasilan itu, warga Desa Jeruk Gamping, Kec. Krian, Kab. Sidoarjo ini berhak mengantongi hadiah uang pembinaan sebesar Rp  4 juta dan piagam penghargaan dari Pemkab Sidoarjo, melalui Dinas Pangan dan Pertanian. Penyerahan hadiah dan piagam diserahkan langsung oleh Bupati Saiful Ilah kepada sang juara. Sementara juara II di kelas yang sama diraih oleh sapi milik Irfan, warga Tanggulangin, Sidoarjo.

Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Pangan dan Pertanian tiap tahun menggelar Kontes Ternak dan Expo Peternakan. Peserta terdiri atas puluhan ternak sapid an kambing yang tersebar di 18 kecamatan di wilayah Sidoarjo. Final even tahunan ini dihelat di area Puspa Agro, Jl. Sawunggaling 177 – 183, Jemundo, Taman, Sidoarjo.

Penghargaan dari Bupati Saiful Ilah kepada sang juara.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Handajani, mengungkapkan, even ini diselenggarakan untuk memotivasi dan memacu kesadaran masyarakat peternakan guna meningkatkan usaha budi daya ternak, kesehartan hewan dan mencari bibit unggul hasil insemenasi buatan. Selain itu, juga bertujuan mempertahankan potensi ternak dan hasil produksi peternakan di Jatim, khususnya Kab. Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengatakan, pihaknya selalu menggelar kontes dan ekspo hewan ternak agar para para peternak lebih bersemangat dalam membudidayakan hewan ternaknya, baik sapi maupun kambing. Pelaksanaannya biasanya sebelum hari raya kurban (Idul Ad’ha). Hal ini di antaranya agar peternak mendapatkan harga yang bagus, khususnya terhadap hewan yang menjadi juara.

“Karena itu, banyak peternak sebelum memasarkan hewannya terlebih dahulu mengikutkan kontes,” ujarnya, Rabu (7/8/2019) seusai menyerahkan piagam dan hadiah kepada para pemenang.

Sementara Kabid Produksi Peternakan, Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo, Tony Hartono, menjelaskan, ada enam kategori yang dilombakan untuk sapi. Demikian juga pada kambing, juga ada enam kategori.

Keenam kategori hewan sapi yang dilombakan adalah Sapi Induk Peranakan Ongole (PO), Sapi Induk Hasil Insemenasi Buatan (IB), Sapi Calon Induk IB, Sapi Calon Induk Perah, Sapi Kereman Hasil Persilangan IB, dan Sapi Ekstriem. Sedangkan pada kelas kambing, yang dilombakan adalah Kambing Peranakan Etawa (PE) Jantan, Kambing PE Betina, Domba Ekor Gemuk Jantan, Domba Ekor Gemuk Betina, Kambing Kacang Jantan dan terakhir adalah Kambing Kacang Betina. Dari setiap kategori, lanjut Tony, menghasilkan para pemenang juara I, II, dan III. (sto)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*