Gurihnya Bisnis Budi Daya Ikan, Pendapatan Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Panen ikan patin.

PUSPA AGRO>> Memulai bisnis memang bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi pemain baru yang sama sekali belum pernah berkecimpung dalam bisnis. Terlebih lagi, modal yang dibutuhkan saat membuka bisnis tidaklah sedikit. Namun, jika sudah memiliki tekad yang kuat, tidak ada salahnya menciptakan dan memulai bisnis sendiri. Pasalnya, dengan membuka bisnis sendiri, pelaku bisa belajar lebih mandiri dan lebih peka terhadap peluang usaha yang ada.

Nah, salah satu bisnis mudah dan menguntungkan yang bisa dicoba adalah bisnis budi daya ikan. Bisnis budi daya ikan memang sangat menjanjikan dan kini tengah menjadi tren di Indonesia. Mengingat, usaha budi daya ikan merupakan sektor yang akan terus ada permintaan pasarnya. Bahkan saat ini kebutuhan ikan –terutama ikan konsumsi– terus meningkat. Hal ini karena peningkatan jumlah penduduk dari waktu ke waktu. Jadi, tidak heran kalau bisnis budi daya ikan saat ini merupakan bisnis zaman now yang prospeknya bagus dan progresif.

Tak ada bisnis yang tidak memiliki perencanaan yang matang, begitu pula bisnis budi daya ikan. Namun, bisnis budi daya ikan bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang tingkat pendidikan. Pasalnya, dalam menjalankan bisnis ini, hanya perlu memiliki 5 modal yakni ilmu, modal (uang), perlengkapan ataupun peralatan, strategi pemasaran, serta yang terakhir adalah niat dan kesungguhan.

Hanya dengan 5 modal itu, bisnis budi daya ikan bisa dilakukan. Ilmu merupakan komponen penting dari sumber daya manusia. Orang yang akan terjun menjadi peternak ikan, ia harus memiliki ilmu secara teoritis dan secara praktis. Skill yang meliputi pengetahuan tentang ikan dan cara-cara beternak ikan yang baik, haruslah dikuasai.

Modal uang juga harus dimiliki walaupun hanya sedikit, setidaknya cukup untuk membeli benih-benih ikan dan peralatan pendukungnya. Peralatan dan perlengkapan yang digunakan juga tidak boleh sembarangan jika ingin memiliki pendapatan hingga ratusan juta rupiah.

Dalam melakukan bisnis budi daya ikan, pelaku juga harus terampil dalam strategi pemasaran. Dengan demikian, saat panen, sudah tahu ikan-ikan akan dijual ke mana. Dalam melakukan bisnis ini, tentu saja juga harus memiliki niat dan kesungguhan, serta konsisten. Jangan mudah menyerah, apalagi kalau panennya belum maksimal atau belum mendapatkan kanal untuk mendistribusikan ikan-ikan hasil panen.

Lalu, ikan apa saja yang cocok untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan? Dari banyaknya jenis ikan yang ada, berikut beberapa jenis ikan yang direkomendasikan dibudi daya untuk dijadikan bisnis menguntungkan.

1. Budi Daya Ikan Lele

Berbagai Bisnis Budidaya Ikan Dengan Pendapatan Hingga Ratusan Juta Rupiah - Budidaya ikan lele

Foto: elnandar.com

Budi daya atau ternak ikan lele merupakan salah satu peluang bisnis menguntungkan yang perlu dilakukan. Lele merupakan salah satu ikan tawar yang paling diminati, khususnya oleh masyarakat Indonesia. Bayangkan, hampir di setiap penjual nasi lalapan pasti menyediakan menu lele. Dan, bisa dibayangkan betapa banyak pedagang lalapan yang ada di penjuru Indonesia. Itupun belum termasuk pedagang-pedagang lain yang menggunakan lele sebagai bahan dari menunya.

Tentunya permintaan lele akan sangat tinggi setiap harinya, mengingat banyaknya rumah makan, sampai pedagang lalapan kaki lima yang menyediakan lele sebagai bagian dari menu mereka. Lele memang dapat dijadikan berbagai macam olahan, dari lalapan lele, pecel lele, hingga abon lele.

Keistimewaan lele adalah rasanya yang enak, bergizi dan harganya yang terjangkau. Tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia menyukai rasa dari ikan lele ini.

Menjalankan bisnis ikan lele pun tidak sulit, karena ikan lele termasuk ikan yang mudah didapatkan dan cara perawatannya pun lebih mudah dibanding jenis ikan lainnya. Selain itu, budi daya ikan lele juga bisa dilahan sempit. Untuk pemula, modal untuk membuka usaha lele ini pun relatif kecil. Dengan modal kurang lebih Rp 1 jutaan, sudah dapat memulai bisnis satu ini dengan jaminan pendapatan hingga puluhan juta jika ulet dan konsisten dalam melakukan bisnis satu ini.

2. Budi Daya Ikan Nila

Berbagai Bisnis Budidaya Ikan Dengan Pendapatan Hingga Ratusan Juta Rupiah - Budidaya ikan nila

Foto: ptnasa.net

Selain lele, budi daya ikan nila juga merupakan salah satu usaha ikan yang diminati oleh banyak orang. Bisnis ini tidak ada matinya mengingat kebutuhan ikan di Indonesia yang tidak pernah surut. Walaupun banyak pebisnis yang ikut dalam prospek budi daya ikan nila, pasar ikan nila masih sangat tinggi. Hal ini dikarenakan permintaan dengan jumlah pasar masih sangat timpang. Banyak sekali jumlah permintaan ikan nila, tetapi tidak banyak produsen yang memproduksi. Inilah sebabnya kenapa budi daya ikan nilai dinilai sebagai bisnis dengan pendapatan yang menguntungkan.

Propsek budi daya ikan nila, selain harga jual yang tinggi, juga cara budi dayanya yang sangat mudah, mulai dari awal pembenihan, pembesaran sampai penjualan. Selain itu, ikan nila juga dapat berkembang biak dengan alami. Pelaku tidak perlu mempunyai keahlihan khusus dalam pembiakkan, hanya perlu menaruh benih di kolam, ikan nila akan berkembang biak dengan sendirinya. Umumnya ikan nila siap panen ketika sudah berumur 3 sampai 4 bulan. Itu artinya, dalam setahun bisa memanen ikan nila 3 sampai 4 kali.

Pembudi daya dapat mulai membeli benih ikan nila 3 cm sampai 5 cm seharga Rp 100 -Rp 200 per ekor. Dengan harga segitu, tentunya dapat dibeli ratusan atau bahkan ribuan ekor benih ikan nila. Hanya butuh kesabaran sekitar 3 samapi 4 bulan, bisa memanen ikan nilam dan jual ke pasaran dengan harga kurang lebih Rp 14 ribu per kilogram, atau tergantung harga pasaran.

3. Budi Daya Ikan Mas

Berbagai Bisnis Budidaya Ikan Dengan Pendapatan Hingga Ratusan Juta Rupiah - Budidaya ikan mas

                                                             Foto: www.sabasaquafeed.com

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang disukai oleh masyarakat dan memiliki segudang nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Peluang usaha budi daya ikan mas terbilang sangat menjanjikan. Kebutuhan ikan mas di pasaran dari waktu ke waktu juga kian meningkat. Namun, jumlah pelaku budi daya ikan mas masih relatif sedikit. Akibatnya, stok ikan mas yang ada di pasaran sangat minim.

Saat ini banyak peluku bisnis kuliner, baik warung tenda hingga hotel berbintang yang membutuhkan pasokan ikan mas dalam jumlah yang banyak. Harga jual ikan mas memang dapat dikatakan sangat tinggi, begitupun hasil olahannya yang bernilai mahal. Namun, karena dengan rasa yang disuguhkan banyak orang yang mencari olahan masakan ikan mas. Selain memiliki rasa yang nikmat ternyata ikan mas ini memiliki kandungan gizi yang bagus bagi kesehatan. Dengan meningkatnya kebutuhan ikan mas tentunya kamu dapat menekuni bisnis ikan mas yang menguntungkan ini.

Ikan mas sangat mudah dibudidayakan, tidak menghabiskan banyak dana, mudah dipasarkan dan masa panennya terbilang singkat, berkisar hanya 4 sampai 5 bulan, sehingga perputaran modal dan tentunya keuntungan lebih cepat didapat. Pelaku bisa membudidayakannya sendiri tanpa bantuan karyawan.

4. Budi Daya Ikan Mujair

Berbagai Bisnis Budidaya Ikan Dengan Pendapatan Hingga Ratusan Juta Rupiah - Budidaya ikan mujair

                                                                                    Foto: flickr.com

Mujair adalah salah satu jenis ikan yang cukup terkenal di Indonesia. Ikan mujair terkenal akan dagingnya yang lembut dan gurih. Selain itu, cara pengolahannya yang sederhana, membuat semua orang suka. Hal inilah yang menjadi alasan prospek budi daya ikan mujair sangat menguntungkan. Untuk menjalankan usaha budi daya ikan mujair pun tidak memerlukan modal besar. Jika mengelolanya dengan serius dan konsisten, bisa didapatkan banyak keuntungan.

Budi daya ikan mujair tidak mengeluarkan modal banyak, tetapi dapat menghasilkan keuntungan cukup besar. Ini karena ikan mujair adalah ikan yang sangat cepat dalam berkembang biak. Jika ikan mujair dibudidayakan secara profesional, ikan yang akan dihasilkan bisa cukup besar. Ukurannya dapat mencapai telapak tangan orang dewasa atau bisa sekitar 40-50 cm dengan bobot 1-1,2 kg/ekor.

Di pasaran harga ikan mujair sekarang menembus harga rata-rata bisa mencapai 20 ribu per kilogram. Kalau dalam satu hari bisa menjual puluhan atau bahkan ratusan kilogram ikan mujair, berapa rupiah yang akan didapatkan dalam sebulan? Wah sangat menggiurkan bukan?

5. Budi Daya Ikan Patin

Berbagai Bisnis Budidaya Ikan Dengan Pendapatan Hingga Ratusan Juta Rupiah - Budidaya ikan patin

                                                              Foto: www.mongabay.co.id

Selain lele dan mujair, patin juga merupakan ikan yang enak untuk disantap. Saking banyaknya peminat ikan patin sebagai menu makan, sampai-sampai Indonesia banyak mengimpor ikan patin dari Vietnam. Alasannya, ikan patin yang berasal dari luar negeri berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan hasil pembudi daya patin dalam negeri. Namun, ikan patin lokal juga memiliki kelebihan tersendiri dibanding ikan patin import dari Vietnam. Biasanya ikan patin lokal kandungan airnya lebih rendah yaitu 10 %, sedangkan patin Vietnam mengandung air hingga 40%. Dengan demikian, saat diolah bobot ikan patin Vietnam mengalami penyusutan yang cukup drastis.

Sebenarnya tidak ada patokan khusus kapan ikan patin sudah bisa dikonsumsi. Umumnya hanya butuh waktu 6 bulan untuk bisa memanen ikan patin. Lebih besar ikan, maka lebih mahal pula harganya. Jadi, membudidayakan ikan patin pun mampu menghasilkan untung yang menggiurkan. Pembudi daya berpeluang mengantongi omzet puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya dari budi daya ikan patin.

Budi daya ikan patin pun lebih mudah apabila dibandingkan dengan lele. Harga ikan patin mencapai belasan ribu per kg. Jika dapat menghasilkan lebih dari 60 ton ikan patin sekali panen atau dalam 6 bulan, kamu bisa mendapatkan omzet lebih dari Rp 600 juta.

6. Budi Daya Ikan Gurami

Berbagai Bisnis Budidaya Ikan Dengan Pendapatan Hingga Ratusan Juta Rupiah - Budidaya ikan gurami

Foto: gdmorganic.com

Tak kalah dari ikan lele dan mujair, ikan gurame juga permintaannya sangat besar. Ikan ini selalu ramai pembeli karena rasanya yang lezat. Bahkan banyak restoran yang menjadikan gurame sebagai menu andalannya. Melihat hal tersebut, tentunya bisnis budi daya ikan gurami bisa dijadikan salah satu bisnis yang menjanjikan karena memiliki nilai jual yang tinggi jika dibandingkan jenis ikan lainnya. Selain itu, bisnis ini bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. Pasalnya, bisnis ini dapat dikembangkan baik dengan modal kecil ataupun besar. Dengan demikian, bisnis ikan gurami ini memiliki peluang yang terbuka bagi siapa saja.

Saat ini harga konsumsi ikan gurami kurang lebih Rp 30.000. Jika kita membeli benih gurami sebanyak 2.000 ekor, dan per ekor harga bibitnya hanya Rp 500, maka modal yang dibutuhkan hanya Rp 1.000.000.

Jadi, setiap panen pembudi daya bisa menjual ikan gurami ternakan dengan harga Rp 30.000/kg. Anggap saja 1 kg isi 3 ekor. Jadi, 2.000 ekor gurami di bagi 3 ekor = 666 kg dikalikan harga konsumsi Rp 30.000/kg, maka sekali panen pendapatan yang bisa diraih Rp 19.980.000. (*)

Sumber: blogunik.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*