Inilah Jawara Lomba Tulis Jurnalistik Puspa Agro

SIDOARJO – Setelah bekerja keras selama dua pekan, dewan juri Lomba Tulis Jurnalistik Puspa Agro 2015 akhirnya berhasil menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu yang diberikan oleh panitia. Dewan juri yang sudah malang-melintang di dunia jurnalistik ini terdiri atas: Zainal Arifin Emka (Stikosa-AWS), Anwar Hudijono  (Kompas), dan Suhartoko (Jalindo). Setelah mencermati, memilah, dan menganalisis puluhan naskah yang masuk, dewan juri menentukan enam besar naskah dengan perolehan nilai tertinggi dan berhak menjadi juara.

Ada empat kriteria yang diberlakukan dalam melakukan penilaian. Keempat kriteria dimaksud adalah: (1) Aspek kebahasaan, yang mensyaratkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD); (2) Aspek kedalaman isi, yakni terkait keragaman sumber tulisan dan informasi/data; (3) Aspek sistematika, terkait keruntutan logika dan enak dibaca; dan (4) Aspek manfaat atau inspiratif, bagaimana naskah bisa memberikan manfaat dan menginsirasi pihak lain untuk meniru atau mangadopsi konsep yang ada.

“Naskahnya bagus-bagus dan kami sempat dibuat pusing saat memberikan score, karena antar-naskah selisihnya sangat mepet. Kami sudah bekerja maksimal dan profesional. Karena itu, naskah yang tampil sebagai juara memang sudah selayaknya jadi juara,” kata Zainal Arifin Emka, Ketua Dewan Juri Lomba Tulis Jurnalistik Puspa Agro 2015, seusai rapat penentuan juara di kantor Puspa Agro, Senin (4/5/2015). (sha)

Adapun enam besar naskah dengan perolehan nilai tertinggi adalah sebagai berikut.

JUARA I: Beli Hasil Produk Petani Lebih Mahal Dari Tengkulak; Upaya Puspa Agro Angkat Petani Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri (www.kabarbisnis.com, edisi 16, 17, 18 April 2015). Penulis: Didik Sutrisno, dengan nilai 254.

JUARA II: Dongkrak Hasil Panen Petani, Hadang Gempuran Produk Impor (Harian Surabaya Pagi, edisi 18 April 2015). Penulis: Iskandar Pribowo, dengan nilai 252.

JUARA III: Angkat Kesejahteraan Petani, Puspa Agro Mereformasi Diri, Terabas Pakem (Harian Bangsa, edisi 18 April 2015). Penulis: Rochmatun Nisa, dengan nilai 249.

JUARA HARAPAN I: Kabupaten Blitar Menuju Kiblat Harga Cokelat Dunia (Harian Berita Metro, edisi 16 + 18 April 2015). Penulis: Moch. Ali Topan, dengan nilai 229.

JUARA HARAPAN II:  Gerakan Edan Puspa Agro Lindungi Petani (www.umkmnews.com, edisi 17 April 2015). Penulis: Anggraenny Prajayanti, dengan nilai 225.

JUARA HARAPAN III: Rangkul Petani, Berdayakan Peran Koperasi (Harian Bhirawa, edisi 16 April 2015). Penulis: M. Ali, dengan nilai 208.

 

 

 

 

           

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*