Lelang Akhir 2017 Transaksikan Rp 5,6 Miliar

Peserta lelang memajang barangnya.

PUSPA AGRO >> Lelang pemungkas di penghujung 2017 ditutup dengan transaksi sebesar Rp 5,6 miliar. Nilai sebesar itu diperoleh dari enam jenis komoditas, yakni bibit aren, jambu kristal, kopi liberika, nanas madu, pupuk organik, dan semangka.

Digelar di aula Gedung Tani Puspa Agro, Senin (18/12/2017), lelang aneka komoditas agro ini dihadiri peserta isimewa, yakni dari Riau.  Tidak sia-sia, peserta lelang dari Riau ini berhasil menjual kopi jenis Liberika dalam lelang bulanan ini sebanyak 10 ton dengan nilai Rp 1,5 miliar.

“Alhamdulillah, tidak sia-sia kami datang dari Riau ke Jawa Timur ini karena barang yang kami ikutkan lelang di sini ada yang beli,” kata Nyoto, peserta lelang asal Riau seusai pelaksanaan lelang.

Berbeda dengan sebelumnya, pelaksanaan lelang Senin itu relatif sepi, baik dari aspek peserta maupun komoditas yang ditransaksikan. Diduga, relative sepinya lelang kali ini, karena waktu pelaksanaannya berbeda dengan biasanya. Berdasar agenda yang biasa berjalan, lelang selalu digelar pada hari Selasa pekan keempat. Namun kali ini mendadak berubah hari Senin pekan ketiga.

“Saya kadung bilang ke teman-teman lelangnya Selasa besok. Eh, tahunya maju jadi Senin. Pemberitahuannya juga mendadak,” kata Kabaruddin, peserta lelang asal Ponorogo.

Informasi yang digali dari beberapa sumber menyebutkan, majunya pelaksanaan lelang kali ini karena Selasa pekan depan bertepatan dengan hari libur nasional, yakni hari Natal dan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Dengan pertimbangan itu, pelaksanaan lelang dimajukan sepekan dengan konsekuensi pesertanya relatif sepi.

“Untuk melaksanakan lelang pekan depan, tidak mungkin karena hari libur nasional, Dengan risiko agak sepi, lelang dimajukan. Tapi, biarpun agak sepi, para peserta tetap semangat,” ujar Kanapi, pemandu lelang.

Pelaksanaan lelang November lalu, nilai transaksi yang berhasil dibukukan sebesar Rp 24,64 miliar. Nilai transaksi sebesar itu dihimpun dari 16 komoditas berbasis agro atau pertanian. (sha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*