Pasar murah triwulanan untuk stabilkan harga sembako

Rabu, 29 Juli 2015 – 15:47 WIB

KANALSATU – Pasar induk moderen Puspa Agro berencana menggelar pasar murah tiap triwulan. Langkah ini dilakukan untuk membantu menyetabilkan harga kebutuhan pokok yang kerap melonjak.

“Melihat antusias masyarakat, pasar murah tak hanya akan kita gelar pada bulan Ramadhan saja. Tapi akan kita lakukan setiap tiga bulan sekali,” kata Komisaris Puspa Agro, Erlangga Satriagung, ditemui dikantornya Rabu (29/7/15)

Erlangga menjelaskan langkah ini bukan hanya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan kebutuhan pokok dengan harga murah, tapi juga untuk membantu penstabilan harga yang kerap melonjak. Sementara untuk harga beras premium, pihaknya menjual dengan harga Rp 54.500 per 5 kg. “Yang kami jual ke konsumen, itu beras raja tawon,” jelasnya.

Sementara Direktur Utama Puspa Agro, Abdullah Muchibuddin menambahkan meski menjual dengan harga lebih murah 20% dari harga pasar, pihaknya tidak merugi. Sebab, beras tersebut diambil dari petani langsun. “Kita ambil dari petani Mojokerto, saat itu, 20 ton kita jual habis dalam waktu dua minggu,” terangnya.

Selain beras, pada saat Ramadan lalu, puspa Agro juga menyediakan beberapa komoditas. Di antaranya, ayam broiler frozen, harga normal di pasar umumnya masih Rp 31.000, di Pasar Murah Puspa Agro hanya dijual Rp 24.000 per kilogram.

Dari kelompok ikan, lele frozen (WGG) harga normal Rp 19.000 turun menjadi Rp 16.000 per kg, bandeng frozen (WGG) turun dari Rp 21.000 menjadi Rp 18.000 per kg, mubara frozen (WGG) hanya dijual Rp 28.000 per kg dari harga normal Rp 37.000 per kg.

“Program ini memang bentuk kepedulian kami karena ada kecenderungan harga-harga kebutuhan pokok pada naik menjelang Lebaran. Karena itu, biar masyarakat tidak panik, kami buka pasar murah ini,” terangnya.

Udin sapaan akrab Abdullah Muchibuddin menambahkan pihaknya sempat dipanggil Bank Indonesia (BI). “Saat itu, dikira kita menggelar pasar murah di bawah Disperindag, namun, setelah kita jelaskan, bahwa kegiatan itu atas inisiatif Puspa Agro,” paparnya

Ditambahkan Udin sejauh ini BI menyambut baik dan mendukung kegiatan triwulanan seperti ini bisa berkelanjutan kedepannya. “Karena pasar murah ini akan kita gelar secara berkesinambungan. Setidaknya tiga bulan sekali,” pungkas Udin.(win8)

 

http://kanalsatu.com/id/post/45089/pasar-murah-triwulanan-untuk-stabilkan-harga-sembako

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*