Siap Ekspor ke Malaysia, JGU Bermitra dengan Empora Gaharu

 

Dirut JGU (dua dari kiri) bersama Direktur Empora Gaharu, Annisa D.K. menunjukkan naskah MoU yang sudah mereka tanda tangani. (Foto: Humas Puspa Agro)

PUSPA AGRO>> PT Jatim Grha Utama (JGU), salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jatim melalukan terobosan untuk memaksimalkan serapan hasil panen petani dan membantu akses pemasarannya. Hal ini dilakukan dengan menggandeng PT Empora Gaharu. Targetnya menembus pasar ekspor ke Malaysia.

Rencana menembus pasar ekspor ke Malaysia itu diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU/Memorandum of understanding) PT Empora Gaharu dengan PT JGU. Pelaksanaan penandatanganan MoU dihelat di kantor PT Puspa Agro, anak perusahaan JGU, Senin (22/3/2021). Penanda tangan pihakEmpora Gaharu diwakili Direkturnya, Annisa, D.K. Sementara dari JGU langsung oleh Dirutnya, Mirza Muttaqien.

PT JGU, melalui anak perusahaannya, PT Puspa Agro selama ini concern terhadap penyerapan hasil petani untuk membantu menembus akses pasar. Karena itu, menurut Dirut PT JGU, Mirza Muttaqien, kerja sama dengan PT Empora Gaharu ini dimaksudkan sebagi upaya memaksimalkan serapan hasil panen petani untuk membuka akses pasar seluas-luasnya.

“Hari ini sudah ada kesepahaman dengan PT Empora Gaharu yang selama ini memiliki akses ke pasar ekspor. Kami, lewat Puspa Agro, akan lebih optimal dalam mengoordinasikan petani di Jatim. Teknisnya nanti kita bikin PKS (Perjanjian Kerja Sama)-nya untuk sebagai tindak lanjut MoU ini,” ujar Dirut PT JGU, Mirza Muttaqien, seusai penandatanganan MoU di kantor Puspa Agro.

Disepakati, sasaran ekspor untuk tahap pertama adalah ke Malaysia. Selain sudah memiliki hubungan bisnis, kata Direktur PT Empora Gaharu, Annisa D.K, potensi pasar Malaysia untuk produk-produk pertanian. Karena itu, MoU ini diharapan sebagai pintu awal untuk menembus pasar negeri Jiran itu secara maksimal. Pasalnya, JGU, lewat Puspa Agro, telah memiliki link yang kuat ke para petani dan pelaku bisnis agro di Jatim.

“Nanti teknis kita akan diskusikan bersama. Mudah-mudahan niat baik ini cepat terealisasi,” kata Annisa.

Belum diketahui apa saja komoditas yang akan diekspor ke Malaysia pascapenandatanganan MoU ini. Pihak Empora Gaharu, lewat holdingnya, Titis Sampurna Group, pekan ini mengagendakan terbang ke Malaysia untuk mengonfirmasikan apa saja komoditas yang dibutuhkan.

“Secepatnya kami akan bertemu dengan mitra kami di Malaysia untuk memastikan, komoditas apa saja yang mereka butuhkan. Setelah ada kepastian dari sana (Malaysia, Red), baru teknisnya kita persiapkan di sini,” ujarnya. (sto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*